Powerpoint


taukah kamu, kalau powerpoint itu bisa menjadi salah satu media penyuluhan lhoo...
khususnya untuk penyuluhan kesehatan gigi.
Nahh. apasih powerpoint itu?
Media powerpoint adalah program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi di bawah microsoft office. Keuntungan terbesar dari program ini adalah tidak perlunya pembelajaran piranti lunak karena sudah berada di dalam mocrosoft office. Jadi pada waktu pengistalan program microsoft office dengan sendirinya program ini akan
terinstal. Hal ini akan mengurangi beban hambatan pengembangan pembelajaran dengan komputer.
Microsoft power point menyediakan fasilitas slide untuk menampung pokok-pokok pembicaraan yang akan disampaikan pada peserta didik. Dengan fasilitas animasi, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas : front picture, sound, dan effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang bagus. Bila produk slide ini disajikan, maka pendengar dapat ditarik perhatianya untuk menerima apa yang disampaikan kepada para peserta didik. Program ini disampaikan secara khusus untuk menyampaikan presentasi, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintah, maupun perorangan.
Hujair AH. Sanaky (2009:127-128) mengemukakan bahwa media power point adalah program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi dibawah microsoft office program komputer dan tampilan ke layar menggunakan bantuan LCD proyektor.
Menurut Mardi dkk (2007:69) power point adalah salah satu program aplikasi dari microsoft yang dapat digunakan untuk melakukan presentasi, baik untuk melakukan sebuah rapat maupun perencanaan kegiatan lain termasuk digunakan sebagai media pembelajaran disekolah.
Powerpoint mempunyai kelebihan serta kekurangan.
nah untuk kelebihan powerpoint menurut Hujair AH. Sanaky (2009: 135-136) mengungkapkan bahwa aplikasi power point mempunyai keunggulan, diantaranya adalah :
1) Praktis, dapat digunakan untuk semua ukuran kelas.
2) Memberikan kemungkinan tatap muka dan mengamati respon dari penerima pesan.
3) Memberikan kemungkinan pada penerima pesan untuk mencatat
4) Memiliki variasi teknik penyajian dengan berbagai kombinasi warna atau animasi.
5) Dapat digunakan berulang-ulang.
6) Dapat dihentikan pada setiap sekuens belajar karena kontrol sepenuhnya pada komunikator.
7) Lebih sehat dibandingkan menggunakan papan tulis dan
OHP.
selain kelebihan media powerpoint juga mempunyai kekurangan 
Menurut Hujair AH. Sanaky (2009:136) mengatakan bahwa selain mempunyai kelebihan, power point juga memiliki kelamahan, diantaranya adalah :
1) Pengadaan alat mahal dan tidak semua sekolah memiliki.
2) Memerlukan perangkat keras (komputer) dan LCD untuk memproyeksikan pesan.
3) Memerlukan persiapan yang matang.
4) Diperlukan ketrampilan khusus dan kerja yang sistematis untuk menggunakannya.
5) Menuntut ketrampilan khusus untuk menuangkan pesan atau ide yang baik pada desain program komputer power point sehingga mudah dicerna oleh penerima pesan.
6) Bagi pemberi pesan yang tidak memiliki ketrampilan menggunakan,memerlukan operator atau pembantu khusus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isu Strategis Pembangunan Kesehatan

Isu Strategis Pembangunan Kesehatan 2019 1.     Peningkatan akses pelayanan kesehatan dan gizi yang berkualitas bagi ibu dan anak, ...